Coffee Shop di Era VUCA


Bisnis coffee shop atau kedai kopi sedang marak beberapa tahun ke belakang ini. Seringkali kita jumpai beberapa bahkan banyak kedai kopi saat kita melewati suatu jalan. Baik itu di jalan raya maupun di gang-gang sempit pun seringkali kita jumpai kedai kopi.

Memang, akhir-akhir ini para pemuda banyak sekali yang menyukai kopi. Biasanya mereka berkumpul, berbincang-bincang, dan sampai mengerjakan tugas sekolah bersama di kedai kopi. Bagi pemuda sekarang, mereka sudah bukan sekedar mengonsumsi saja tetapi nongkrong di kedai kopi ini sudah seperti lifestyle atau gaya hidup.

Para pebisnis melihat peluang dari membuka usaha coffeeshop ini. Karena tingginya tingkat konsumsi dari para pemuda ini, para pebisnis optimis akan usaha coffeeshop ini.

Akan tetapi, apakah bisnis ini akan terus berjalan seperti saat ini? mari kita lihat dari kacamata VUCA di bawah ini.

Volatility
Pada saat ini, kedai kopi berubah sangat pesat. Banyak sekali konsep, jenis produk, dan ide-ide yang bermunculan. Kondisi ini membuat persaingan dalam bisnis kedai kopi ini sangat ketat.

Uncertainty
Saat ini, kebanyakan para pebisnis kedai kopi sedang kebingunan karena tidak pastinya konsumen yang datang. Bisa saja sehari, dua hari, sampai satu minggu laku dan setelah itu tiba-tiba kedai menjadi sepi ditambah lagi pada saat masa pandemi ini banyak kebijakan dari pemerintah keluar dan membuat bisnis kedai kopi ini menurun.

Complexity
Untuk meningkatkan penjualan, kebanyakan para pebisnis kedai kopi hanya memerhatikan faktor peningkatan jumlah karyawan dan faktor peningkatan jumlah customer, tetapi di era VUCA ini faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan ini sangat complex. Seperti cuplikan video di instagram atau di tiktok mengenai kedai kopi yang bersangkutan bisa juga memengaruhi penjualan.

Ambiguity
Pebisnis kedai kopi telah melakukan berbagai usaha untuk menaarik pengunjung atau pembeli, tetapi mereka tidak tahu pasti berapa jumlah pengunjung yang akan datang.

Untuk menangani berbagai permasalahan di atas, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan seperti di bawah ini.
1. Buat rencana bisnis yang solid dengan mencatat semua kemungkinan yang akan terjadi
2. Carilah lokasi yang tepat
3. Buat bangunan yang unik dan menjadi ciri khas kedai tersebut
4. Gunakan tenaga profesional
5. Lakukanlah riset dari berbagai aspek sebelum memulai usaha
6. Gencarkan pemasaran seperti melalui media sosial



Komentar

Postingan populer dari blog ini

All About Me